Dear Pemirsa blog Yth,

Banyak informasi yang sudah dipublish berkaitan dengan judul posting kali ini, namun demikian kami akan berbagi pengalaman mengenai hal-hal apa saja yang harus disiapkan oleh calon peternak kambing etawa, agar pada saat ternaknya datang nanti sudah siap.

Kambing etawa dari berbagai literature dikenal dengan kambing dwifungsi yaitu sebagai kambing penghasil daging dan susu, realitas dari kondisi yang ada saat ini menunjukkan ada fungsi ketiga dari kambing etawa (ras Kaligesing) yaitu sebagai hewan peliharaan/klangenan/ hobby. Kambing etawa dengan fungsi yang ketiga ini kerap disebut dengan kambing etawa unggul/kambing etawa super atau dengan sebutan lainya yaitu kambing etawa kelas kontes. Fungsi ketiga dari kambing etawa ini sudah sejak lama digeluti oleh para penikmat/kolektornya, terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ketiga fungsi tersebut di atas merupakan peluang usaha, namun demikian ada baiknya anda melakukan persiapan yang matang sebelum melakukan usaha beternak kambing.

Berikut adalah hal-hal yang kami lakukan sebelum memulai beternak kambing etawa :

  1. Tentukan tujuan ternak etawa yang akan dilaksanakan, apakah fokus ke peternakan kambing perah untuk meng hasilkan susu kambing, apakah peternakan kambing anda akan bergerak di kambing pedaging, atau bergerak di sektor pembibitan (beternak kambing etawa unggulan).
  2. Lakukan studi banding ke beberapa tempat peternakan etawa yang sudah ada untuk mengumpulkan informasi, bandingkan satu dengan yang lainnya, bandingkan juga dengan informasi yang anda peroleh dari dunia maya. Apabila memungkinkan Ikutilah pelatihan ternak kambing etawa yang diselenggarakan oleh lembaga atau farm etawa tertentu.
  3. Segmentasikan pasar yang anda tuju sesuai dengan tujuan anda beternak kambing etawa.
  4. Buatlah rencana anggaran biaya dan bussines plan sesuai dengan alokasi keuangan anda, sebelum memulai beternak kambing etawa.
  5. Carilah informasi mengenai bibit kambing etawa, disesuaikan dengan tujuan anda beternak, pada fase ini anda dituntut untuk lebih bijak dan hati-hati. Pastikan anda membeli dari provider yang bisa dipercaya.
  6. Surveylah lokasi untuk pembuatan kandang, kemudian observasi apa yang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar kandang yang dapat menunjang kelancaran peternakan anda. Terutama dari sisi sumber pakan hijauan, pakan tambahan dan target pasar yang anda tuju. Apabila kebutuhan hijauan dari lingkungan sekitar dirasa kurang, lakukan penanaman hijauan yang dibutuhkan terutama hijauan dengan siklus relative cepat ke masa panennya, seperti : rumput gajah, kaliandra, gliricidae, daung singkong karet, turi, dan rumput gajah odot. Hal ini bisa dilakukan berbarengan dengan proses pembuatan kandang.
  7. Siapkan juga vitamin, obat-obatan dan mineral yang dibutuhkan untuk ternak kambing etawa seperti : vitamin, obat kembung, antibiotic, obat scabies, obat mata, garam, mineralmix dll.
  8. Siapkan mental anda untuk menjadi peternak, karena pada saat praktek, tidak semua scenario bisa dijalankan seperti teori yang yang ditulis di buku-buku atau informasi tertulis lainnya.
  9. Semangat (passion) adalah hal yang paling penting yang harus anda jaga dan pelihara, dengan demikian semua rintangan akan anda hadapi dengan usaha pantang menyerah serta sabar, sehingga anda dapat menjadi peternak tangguh.
  10. Berdo’a kepada yang Maha Kuasa agar langkah anda selalu diridhoi-Nya.

Demikian sharing dari kami, semoga bermanfaat. Salam, Exotics Farm Indonesia.