Kambing Etawa Super di Bandung

Pemirsa blog Yth.

Kambing Etawa Super identik dengan kambing etawa ras Kali Gesing yang memiliki kriteria performansi sangat baik, apabila ditinjau dari sisi kualitas maupun kuantitas.  Saat ini kambing etawa super lebih populer dengan sebutan “Kambing Etawa Kelas Kontes” mengingat kambing jenis inilah yang kerap kali dikonteskan atau dilombakan. Paparan secara rinci  mengenai  beberapa kriterianya telah kami jelaskan pada postingan sebelumnya dengan judul “Standardisasi Kriteria Kambing Etawa Kontes Bagian I dan Bagian II”.

Pada posting kali ini, kami akan berbagi mengenai hasil  usaha EFI  dalam mengkoleksi kambing etawa dengan kategori “super”, baik yang dihasilkan melalui proses breeding di kandang EFi sendiri ataupun koleksi tambahan yang kami kumpulkan untuk menambah varietas super baik  indukan maupun pejantan.

Dari usaha pertama dengan hanya mengoleksi beberapa indukan, kemudian bongkar pasang dengan mendatangkan generasi indukan kedua, dan hingga saat ini masih terus mengumpulkan indukan-indukan typical nyetak generasi ketiga dan ke empat , Alhamdulillah usaha tersebut kini sudah membuahkan hasil yang menggembirakan.

Dari indukan generasi pertama EFI sudah berhasil mengoleksi anakan dengan kategori super, sebagai contoh dari hasil breeding indukan kami yang bernama Aura /EFKB004 telah melahirkan Arumi/ EFKB0011 serta pada tanggal 2 Juni 2011 lalu kembali melahirkan 2 cempe betina calon indukan super yaitu Laura/EFKB0034 dan Laras/EFKB0035. Indukan  Bunga EFKB0003, melahirkan Rangga EFKJ0007, Manohara EFKB0001, melahirkan Mustika EFKB0028, sedangkan dari generasi indukan kedua Cempaka/EFKB0022  melahirkan Perkasa EFKJ0011, sedangkan dari indukan generasi ke 3 Mawar EFKB0020/ telah melahirkan Mutiara EFKB0032, saat ini masih ditunggu hasil-hasil dari indukan generasi ke 3 dan ke 4. Indukan generasi ke 4 yang berhasil EFI koleksi saat ini adalah Maha Dewi/EFKB0025 dan Dayang Sumbi/EFKB0027.

Pada bulan Juni 2012, EFI berhasil mengkoleksi 1 pejantan super yang kami beri nama “Messi” yang merupakan trah Bagong Kliwon (Basuki), 1 calon pejantan super yang kami berinama Sangkuriang hasil breeding dengan Sankler  Wonosari trahnya Setyaki pak Sumarno Kaligesing, dan 1 induk kambing etawa super yang kami beri nama ARIMBI yang merupakan trah Tumpang. Tambahan 3 ekor kambing etawa super ini, diharapkan dapat membantu mewujudkan program beternak kambing etawa super Kaligesing rumpun EFI Bandung. Aamiin, salam Exotics Farm.