Hasil Breeding Kambing Etawa induk EFKB0008 dan Tarantula

 

Pemirsa blog yang terhormat, seni dalam breeding merupakan hal yang sangat mengasyikan dan mempunyai arti tersendiri bagi para breeder. Trial & error seringkali dilakukan agar diperoleh hasil yang memuaskan. Pengamatan mendasar atas ciri-ciri dari setiap induk betina atau pejantan yang dikawinkan, serta melihat hasil anakannya, adalah modal yang sangat berharga bagi para breeder untuk memilih dan menentukan type indukan selanjutnya yang akan dimiliki. Hingga saatnya nanti diperoleh satu tahapan kualitas anakan seperti yang diharapkan, namun demikian faktor keberuntungan dan ridho dari Yang Maha Kuasa adalah faktor lain yang juga berpengaruh pada hal ini.

Berikut saya sampaikan hasil trial and eror dari indukan kami yang bernama Isabela/EFKB008 (pada saat dikawinkan tg bdn 83 cm, pjg bdn 89cm dan pjg telinga 33cm) berwarna merah tua yang dikawinkan dengan Tarantula pada tanggal 30 Januari 2010. Ini adalah masa kehamilan kedua dari indukan tersebut. Sebelumnya saya mempunyai firasat walaupun indukan ini berwarna merah, akan menghasilkan anakan berwarna hitam mengingat warna merahnya adalah merah tua serta memiliki warna hitam diujung bulu punduk dan jidat .

Dari data tanggal kawin tersebut di atas maka perhitungan/estimasi kelahiran jatuh pada tanggal 27 Juni 2010, namun apa yang terjadi ternyata si induk melahirkan pada tanggal 18 Juli 2010, artinya tiga minggu lebih lama dari estimasi atau masa kehamilannya hampir enam bulan. Ini adalah pengalaman pertama bagi saya memiliki indukan dengan masa kehamilan paling lama padahal beberapa induk sebelumnya malah rata-rata kurang 3 hari dari perkiraan.
Alhamdulillah pada tanggal 18 Juli lalu telah lahir anakan tunggal jantan yang sehat berwarna kepala hitam ada sedikit putih di kepala dan kami beri nama “Ibra/EFKJ0006”. Karena lahir tunggal, maka si Ibra memiliki tubuh bongsor dan balungan besar, pada tanggal 30 Juli (12 hari stlh lahir) saya melakukan pengukuran tinggi badan 46 cm, panjang badan 46 cm, panjang telinga 23cm. Senang rasanya memiliki cempe jantan generasi penerus Tarantula, walaupun pola warna tidak istimewa. Banyak hikmah, pengalaman dan ilmu yang sy petik dari hasil breeding ini, mudah-mudahan si Ibra bisa tumbuh dan tinggi besar seperti bapaknya.

Demikian sharing kami dalam sesi hasil breeding kambing etawa dari indukan betina EFKB0008 dan Tarantula. Salam, Exotics Farm.