Hasil Breeding Kambing Etawa dari Induk EFKB0002 dan Tarantula
Waduh sepertinya agak lama saya tidak posting, mohon maklum karena status masih menjadi karyawan serta banyak kegiatan yang harus diikuti di Jakarta pada bulan Mei 2010 ini.
Long weekend di akhir Mei kemarin, akhirnya saya memiliki kesempatan untuk mengunjungi kandang dan melepas kangen kepada kambing-kambing koleksi kami di Exotics Farm.
Sebelumnya saya hanya mendapat kabar melalui telepon dari anak kandang bahwa salah satu indukan kami EFKB0002 yang dikawinkan dengan pejantan milik kami sendiri si Tarantula sudah melahirkan pada tanggal 3 Mei 2010 lalu. Pada saat itu anak kandang menginformasikan anakan EFKB0002 adalah satu ekor betina dengan kualitas yang sangat baik, kabar ini membuat saya penasaran untuk segera melihat dengan mata kepala sendiri.
Menurut data yang kami miliki induk betina EFKB0002, memiliki tinggi badan 84cm, panjang badadan 89cm, panjang telinga 30cm, bentuk kepala lumayan, pola warna kepala hitam ada bercak putih serta di punggung ada bulatan hitam. Dari grade mungkin sudah masuk di A namun dari sisi kualitatif masih jauh dari sempurna, mengingat telinga agak mongkol, sedikit mengahadap ke dalam dan tidak rapih, kondisi inilah yang membuat saya bertanya-tanya apakah benar yang disampaikan oleh anak kandang bahwa anakan yang dihasilkan sangat bagus?
Alhamdulillah setelah saya melihat dengan mata kepala sendiri dan seperti yang pemirsa lihat pada slide di atas, luar biasa saya begitu mengagumi kuasa Allah melalui cempe betina yang dilahirkan. Saya sangat beruntung, karena anakan yang dihasilkan sangat istimewa, pola warna sangat baik, warna kepala hitam pleng ngalung, seluruh badan putih, balungan sangat bagus, kaki empat-empatnya sepatuan, serta telinga panjang dan rapih. Ini merupakan bukti dominannya gen pejantan yang kami miliki, kekurangan yang ada pada induk betina bisa diperbaiki, namun demikain dengan ridho dari yang Maha Pencipta hal ini bisa terjadi.
Cempe betina tersebut kami beri nama Tamara (Tarantula-Nirmala) dengan no registrasi EFKB0013. Senang sekali rasanya melihat hasil breeding seperti itu. Setelah cukup lama diamati akhirnya saya melakukan pengukuran fisik pada si Tamara yg berumur tiga minggu, diperoleh data sbb : tinggi badan 52cm, panjang telinga 23 cm, untuk bentuk kepala sudah kelihatan bagus, namun akan terlihat jelas pada saat si Tamara nanti berumur 4 bulan atau lebih. Mudah-mudah tidak ada masalah dalam pertumbuhan hingga dewasa, amien.
Inilah seni breeding, seandainya saya membeli indukan yang semuanya istimewa berapa uang yang harus saya keluarkan? Pasti sangat banyak dan mahal. Di lain sisi hasil breeding kali ini dapat meyakinkan saya bahwa walaupun indukan kurang baik belum tentu anakannya jelek, atau sebaliknya indukan betina bagus belum tentu juga akan menghasilkan cempe bagus. Komposisi materi induk betina dan jantan sangat berpengaruh pada hasil breeding plus ridho dari sang Maha Pencipta.
Demikian sharing kami dalam sesi hasil breeding kambing etawa dari indukan betina EFKB002 dan Tarantula. Salam, Exotics Farm.