Aura Induk  Betina (No. Reg. EFKB004)

Menurut beberapa pakar Kambing Etawa  di Yogya dan Kaligesing, bahwa beberapa faktor yang menentukan ciri-ciri indukan betina bagus adalah kepala kuwung, telinga panjang badan luwes, warna hitam putih dst…
Lumayan susah untuk menemukan kambing dengan kriteria seperti  yang disebutkan di atas tadi, sulit karena memang harganya luar biasa mahal dan kalaupun ada tak banyak yang beredar di pasaran untuk dijual, mengingat  typical kambing seperti ini diperlihara untuk dikoleksi oleh si pemiliknya.

Pertama kali melihat si Aura (mohon maaf bagi yang memiliki nama yang sama, juru penamaan kambing koleksi adalah anak saya yang perempuan dan yang laki) pada event lomba Bantul pada tanggal 26 Juli 2009, memang cukup menarik. Walaupun memiliki postur yang tidak begitu tinggi dan panjang, namun cukup enak untuk dilihat dan menarik untuk dijadikan bakalan calon induk di Exotics Farm. Setelah dilakukan pengukuran si Aura memiliki tinggi badan 80 cm, panjang badan 82 cm, panjang telinga 33 cm dan kepala kuwung. Pada event di Bantul ini si Aura masuk dalam 10 besar kategori calon induk betina.

Melalui loby yang cukup panjang dan sabar dalam bernegosiasi, akhirnya si Aura berhasil dibeli pada bulan September lalu dengan kondisi sudah dikawinkan. Untuk menjaga track record breeding dan silsilah, saya memberikan no registrasi untuk setiap indukan PE Klangenan dan keturunannya yang dimiliki oleh Exotics Farm. Awal Dessembe 2009 si Aura diikutkan pada event Kontes Kambing Purworejo, karena sudah poel sepasang masuk di kelas Indukan Betina dan masuk 10 besar lagi.

Pada tanggal 26 Desember lalu si Aura melahirkan 2 anak betina, Alhamdulillah cukup baik, pengukuran panjang telinga pada kedua anaknya saat berumur 2 minggu setelah dilahirkan lumayan panjang yang satu si Sarah panjang telinga 21 cm dan Si Arumi 19 cm.

Bagaimana menurut anda atau para senior di dunia per-kambing etawa-an, apakah kedua anakan tersebut termasuk kategori bakalan cempe yang berkualitas? Terimakasih.

Salam, Exotics Farm.