Dear Pemirsa Blog Yth.,

Photo-photo kandang kambing di atas adalah prosesi pembuatan kandang kambing etawa jantan di Exotics Farm Indonesia. Merupakan satu dari sekian banyak design/model kandang kambing etawa jantan yang ada di Pulau Jawa .  Material kandang kambing jantan tersebut adalah kayu, dengan jenis kayu Sonokeling, Johar dan Gelugu.

Kandang tersebut berukuran 1.75m x 10m, yang disekat menjadi 5 ruang khusus untuk kambing etawa pejantan dewasa.

Beberapa kondisi yang melandasi kami untuk membuat kandang kambing etawa jantan khusus dan terpisah dari kandang betina adalah sebagai berikut:

  1. Kambing Etawa jantan dewasa cenderung untuk mengeluarkan bau prengus yang cukup kuat, untuk itu agar kualitas susu yang dihasilkan tidak berbau prengus, sebaiknya kandang jantan disendirikan dan agak jauh dari induk kandang kambing-kambing perahnya.
  2. Kambing Etawa jantan tidak akan tenang apabila penempatannya bersebelahan dengan kambing betina, si pejantan akan terus menerus mendekati betina, dengan demikian pola makan dan pola istirhat si jantan akan terganggu. Dampak lebih lanjut adalah si jantan akan susah gemuk dan kurang fit.
  3. Model kandang kambing etawa jantan yang kami buat, konstruksi bagian atasnya tertutup, hal ini bertujuan untuk keamanan  bagi si kambing itu sendiri baik dari gangguan luar maupun dari perilaku si kambing itu sendiri.

Demikian postingan kami perihal design/model kandang kambing etawa jantan, semoga bermanfaat.

Salam, Exotics Farm Indonesia.

About these ads