Pemirsa blog Yth,
Usaha kami untuk mewujudkan EFI sebagai pusat breeding kambing etawa unggulan/kambing etawa super di Jawa Barat hingga saat ini dengan konsisten kami lakukan. Hobby dan kecintaan kepada kambing eksotis ini yang membuat saya secara pribadi terus mengumpulkan kambing etawa super dari trah juara-juara baik dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur.
Pada postingan kali ini, saya menampilkan profile “ Sang Prabu” yang kini menjadi pejantan super di kandang EFI.  Melihat dari asal-usul atau trah Sang Prabu merupakan anakan dari kambing etawa super legenda yang bernama Panut (dulu milik mbah Prawiro) yang menjadi juara 1 Kontes Kambing Etawa di Kali Urang Jateng pada tahun 2008 lalu.  Beberapa waktu lalu penulis melakukan perbincangan dengan Mbah Prawiro, menurutnya Panut miliknya adalah anak dari  pejantan etawa super milik pak Tumpang yang beralamat di Dusun Kalilo Telogo Guwo Kali Gesing. Kini di kalangan hobbies banyak diperbincangkan trah “Tumpang” yang sesungguhnya adalah nama pemilik dari pejantan etawa super di daerah Kalilo waktu itu.

Pada saat materi ini di upload, Sang Prabu memiliki ukuran tinggi gumba 99 cm, panjang badan 103 cm, panjang telinga 39 cm serta memiliki rewos/rawis/jibrak yang istimewa lebat dan panjang hampir menyentuh tanah.

Prestasi Sang Prabu sendiri yang saya tahu  pernah menjadi juara 3 lomba di UGM Jateng 2010 lalu. Alhamdulillah, kini beberapa anakan Sang Prabu yang telah lahir di kandang EFI dengan kualitas yang cukup baik seperti Perkasa dan Wulan, serta masih banyak lagi anakan Sang Prabu lainya namun belum sempat saya upload.  Beberapa anakan dari Sang Prabu inilah kedepannya merupakan bagian dari program kawin silang yang sudah saya canangkan dengan beberapa kambing etawa super yang berasal dari trah-trah juara lainnya baik dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Demikian sharing dari kami perihal breeding kambing etawa super. Selamat menikmati, salam Exotics Farm Indonesia.

About these ads